5 Jenis Keunggulan Kompetitif dalam Bisnis, Apa Saja?
Bisnis

5 Jenis Keunggulan Kompetitif dalam Bisnis, Apa Saja?

5 Jenis Keunggulan Kompetitif – Keunggulan kompetitif adalah sesuatu yang membuat bisnis kamu lebih unggul dibandingkan pesaing. Ketika berbicara tentang bagaimana bisnis bisa memenangkan hati pelanggan, salah satunya dengan bisnis memiliki keunggulan kompetitif.

Namun, tahukah kamu bahwa keunggulan kompetitif itu hadir dalam berbagai bentuk? Tak perlu khawatir dan takut tak bisa bersaing, karena setiap bisnis pasti memiliki keunggulan kompetitifnya sendiri.

Maka dari itu, penting untuk memahami apa yang membuat bisnis kamu menonjol. Berikut ini adalah jenis-jenis keunggulan kompetitif dalam bisnis, seperti yang dilansir dari beberapa sumber termasuk Indeed.com,

1. Keunggulan Produk atau Jasa

Bisnis tentu dilihat dari apa yang mereka tawarkan kepada konsumen, baik itu produk maupun jasa. Sehingga hal ini adalah jenis keunggulan kompetitif yang paling jelas. Jika produk kamu lebih baik di bandingkan pesaing, artinya bisnis kamu sudah selangkah lebih maju.

Misalnya, kamu menyediakan jasa laundry cuci setrika same day, dan bisa di antar jemput. Layanan jasa seperti ini akan langsung menarik perhatian pelanggan karena memberikan nilai tambah yang nyata.

Ada pula keunggulan produk, bisa berarti kualitas yang lebih tinggi, desain yang unik, atau inovasi yang tidak di miliki oleh pesaing. Contohnya, brand-brand fashion yang menawarkan pakaian ramah lingkungan kini banyak di lirik karena produknya relevan dengan isu global seperti saat ini.

2. Keunggulan Harga

Siapa yang tak suka harga terjangkau? Bisnis yang mampu menawarkan produk atau layanan dengan harga lebih rendah, tapi tetap berkualitas, pasti akan menarik perhatian pelanggan. Itu sebabnya harga bisa menjadi salah satu jenis keunggulan kompetitif.

Misalnya, ada toko ritel yang sering memberikan diskon atau produk dengan harga grosir. Keunggulan harga seperti ini memang sangat cocok untuk pasar yang sensitif terhadap harga khususnya untuk produk yang di konsumsi sehari-hari.

Namun hati-hati, jangan sampai menurunkan harga terlalu jauh hingga mengorbankan margin keuntungan hanya demi menjadi penjual dengan harga termurah. Yang penting, pastikan pelanggan merasa mendapatkan “value for moneyā€¯, tetapi kamu tetap mendapatkan keuntungan.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju bagi Pemula

3. Keunggulan Layanan

Terkadang di beberapa kasus, bukan produk atau harga yang menjadi alasan utama pelanggan memilih suatu bisnis, tapi pelayanan yang diberikan.

Banyak bisnis yang kualitas produknya baik, harganya sesuai, tetapi sepi peminat karena layanannya yang tidak memuaskan. Bisa jadi karena proses yang terlalu lama, tempat yang tidak kondusif, hinga karyawan yang sering membuat jengkel pengunjung karena sikapnya yang kurang baik.

Jangan lupa, tim yang solid juga bisa menjadi keunggulan kompetitif. Bisnis yang memiliki karyawan yang berkompeten, kreatif, dan berdedikasi akan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan dan memberikan layanan terbaik.

4. Keunggulan Branding

Branding itu lebih dari sekadar logo keren atau tagline yang catchy. Branding adalah tentang bagaimana bisnis kamu di persepsikan oleh pelanggan. Keunggulan kompetitif dalam branding bisnis misalnya ketika orang memikirkan brand kamu sebagai bisnis yang memiliki daya tarik tersendiri di bandingkan bisnis lain.

Misalnya, sebuah brand pakaian olahraga yang di kenal mendukung gaya hidup sehat akan lebih mudah menarik pelanggan yang ingin hidup sehat. Branding seperti ini memberikan koneksi emosional yang sering kali membuat sulit di saingi oleh pesaing.

5. Keunggulan Lokasi

Lokasi juga bisa menjadi faktor keunggulan kompetitif. Jika bisnis kamu berada di lokasi yang strategis, seperti dekat dengan pusat keramaian atau akses transportasi umum, pelanggan akan lebih mudah menjangkau kamu.

Tentunya lokasi yang strategis bisa menjadi keunggulan kompetitif, pembeli cenderung akan mendatangi toko yang paling dekat dan mudah di jangkau, di banding toko yang tersembunyi dan sulit aksesnya untuk sampai ke sana.